Rabu, 17 Oktober 2012

PROFIL PERUSAHAAN


PROFIL PERUSAHAAN

            Berdiri sejak 1967, Mandala Airlines merupakan salah satu perintis usaha penerbangan komersial di Indonesia. Mandala adalah satu-satunya perusahaan penerbangan non-pemerintah generasi awal yang telah berhasil melewati masa krisis dan mampu berkembang pesat untuk menghadapi persaingan modern dengan mengembangkan organisasi, kemampuan operasional, dan juga armada pesawatnya.

            Dengan melayani lebih dari 20 kota besar, Mandala telah menjadi sarana pemersatu wilayah Indonesia, yang terbentang dari Pulau Sabang di ujung barat hingga Kabupaten Merauke di ujung timur. Saat ini, armada Mandala terdiri dari Boeing 737-200, Boeing 737-400 dan baru saja bertambah lagi dengan pesawat Airbus A320.

            Pada pertengahan tahun 2006, Mandala resmi tergabung ke dalam Cardig Internasional, kelompok usaha yang telah lama berkecimpung di bidang transportasi udara, kargo, logistik, jasa kurir, catering dan lain-lain. Dengan masuknya Cardig International, Mandala Airlines bertekad memposisikan kembali citranya untuk menjadi maskapai penerbangan yang memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang.

            Mandala Airlines memperkenalkan logo barunya pada tanggal 1 November 2006, sebuah cerminan komitmen untuk memodernisasi Mandala agar tetap mampu menyediakan perjalanan udara yang dapat diandalkan, nyaman dan terjangkau bagi penduduk Indonesia, ke berbagai tujuan di seluruh penjuru Nusantara.

            Logo baru Mandala merupakan penafsiran modern dari logo Mandala sebelumnya. Bentuk logonya kini mencerminkan bisnis yang dinamis, yang terus berkembang dengan mobilitas tinggi:
  • Delapan elemen bagian luar yang berwarna keemasan dan berbentuk lancip melambangkan delapan pelayanan penerbangan
  • Delapan elemen bagian dalam yang berwarna biru tua mencerminkan asas pelayanan Mandala
  • Sedangkan bunga padma yang berada di tengah mewakili lima sila Pancasila, dasar filosofi Indonesia

            Peluncuran logo baru ini menjadi langkah pertama modernisasi Mandala di segala lini, terutama yang menyangkut pelayanan perjalanan. Berbagai perbaikan sedang dan terus dilakukan, baik dari sisi organisasi dan manajemen, prosedur, infrastruktur, maupun armada pesawat terbang. Salah satu peningkatan yang telah dilakukan adalah mulai dioperasikannya pesawat Airbus A320 untuk melayani rute-rute utama Mandala pada bulan Desember 2006.






SEJARAH
           
            Mandala Airlines mengawali sejarahnya menerbangi seluruh penjuru Nusantara pada tahun 1967, ketika Indonesia mulai membangun kembali ekonomi yang porak-poranda akibat berbagai masalah politik dan ekonomi pada dekade 60-an.

            Sejak saat itu, Mandala Airlines telah tumbuh menjadi salah satu maskapai penerbangan swasta terbesar di Indonesia. Rute penerbangan Mandala mampu menjangkau lebih dari 20 kota besar Indonesia dengan dukungan armada 12 pesawat Boeing 737-200 dan 2 pesawat Boeing 737-400.

            Dengan sumber daya manusia yang berkualitas dan manajemen baru, Mandala Airlines yang pada tahun 2002 memperoleh predikat The Most Potential Brand in Airlines Service dari INDONESIA BEST BRAND AWARD, kini siap meningkatkan pelayanan dan memberikan yang terbaik bagi para penumpangnya.

            Masuknya Cardig International menjadi pemilik Mandala Airlines pada pertengahan 2006 membawa perubahan berarti dengan pengoperasian Airbus A320 untuk meremajakan armada pesawat.

ARMADA PESAWAT
           
            Armada pesawat pertama yang dioperasikan oleh Mandala Airlines adalah pesawat jenis Lockheed Electra dan Vickers Viscount yang menerbangi rute ke beberapa kota di Indonesia. Perubahan besar terjadi tahun 1992 ketika Mandala meremajakan dan menambah armadanya dengan pesawat Boeing 737-200.

            Pada tahun 2001, dilakukan lagi penambahan 2 pesawat Boeing 737-400 sehingga total armada Mandala Airlines sampai dengan tahun 2005 adalah 12 pesawat Boeing 737-200 dan 2 pesawat Boeing 737-400.
           
            Pada Januari 2007, kembali dilakukan peremajaan armada dengan mulai beroperasinya 7 pesawat Airbus A320 yang berteknologi lebih modern untuk menggantikan sebagian Boeing 737-200. Dengan kapasitas tempat duduk yang lebih banyak dan kabin yang lebih lapang, serta daya jelajah yang lebih jauh, Airbus A320 tentu akan menambah kenyamanan penumpang.


KOTA TUJUAN
           
            Manda Airlines berkonsentrasi pada rute utama Jakarta dengan kotakota lain di Indonesia seperti :
  • Medan
  • Padang
  • Jambi
  • Pekanbaru
  • Batam
  • Semarang
  • Jogjakarta
  • Malang
  • Surabaya
  • Denpasar
  • Makassar
  • Manado
  • Banjarmasin
  • Balikpapan
  • Tarakan
  • Ambon



CARA MEMESAN TIKET & LAYANAN DALAM PESAWAT

            Untuk memberi kemudahan kepada calon penumpang, Mandala Airlines menyediakan berbagai cara pemesanan tiket. Cara termudah adalah melalui website ini dengan memilih menu Pemesanan Online.
           
            Cara yang lain adalah dengan menghubungi call center Mandala pada nomor 0804.1234567 (021 . 5699 - 7000 dari ponsel) reservasi dapat di lakukan 24 Jam, atau memesan tiket melalui agen perjalanan. Selain itu, calon penumpang pun dapat mendatangi kantor penjualan Mandala Airlines di kota atau bandara terdekat.

            Tiket yang telah dibeli dapat diambil di kantor penjualan Mandala Airlines dan pembayaran dapat dilakukan secara tunai, dengan kartu debit BCA atau dengan kartu kredit Mastercard atau Visa. Dan sekarang pembayaran tiket pun dapat dilakukan melalui ATM BNI

            Mandala Airlines memberikan batas 30 kg per penumpang untuk bagasi dan 7 kg per penumpang untuk carry-on.
Layanan Terpadu
            Mandala Airlines telah mengembangkan konsep layanan "Total Experience" yang berorientasi pada kepuasan pelanggan serta pelayanan yang prima dan berkualitas.

Ramah dan Tulus
            Perhatian yang ramah dan tulus kepada penumpang adalah perwujudan dari nilai budaya timur. Mandala Airlines tak pernah berhenti memberi pelayanan kepada penumpang, baik sebelum, di tengah, maupun sesudah penerbangan.

Kenyamanan
            Selain faktor keselamatan, Mandala Airlines juga memprioritaskan kenyamanan penumpang dalam penerbangan. Pesawat yang digunakan Mandala saat ini adalah Boeing 737-200, Boeing 737-400 dan Airbus A320 untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang selama penerbangan. Bahkan sebelum terbang pun, penumpang telah dapat menikmati pelayanan dan kemudahan maksimal dalam bentuk sistem komputerisasi untuk pemesanan dan konfirmasi tempat duduk.

Ketepatan Waktu
            Salah satu faktor yang menjadi tuntutan utama penumpang adalah ketepatan waktu berangkat dan waktu tiba. Dengan armada yang telah terbukti keandalannya dan manajemen operasi yang terus ditingkatkan, Mandala Airlines telah menjadi maskapai yang dikenal tepat waktu.
            Berbagai fasilitas diberikan oleh Mandala Airlines demi kenyamanan penumpang dalam penerbangan. Salah satunya adalah dengan menyediakan koran atau majalah yang dapat dibaca sambil menunggu tibanya pesawat di kota tujuan. Penumpang pun dapat membeli berbagai barang eksklusif melalui katalog belanja (in-flight shopping) yang tersedia. Mandala Airlines menyediakan makanan berupa makanan ringan atau makanan yang lebih mengenyangkan, tergantung lamanya penerbangan. Kebutuhan khusus seperti makanan vegetarian dapat dipenuhi selama diberitahukan ketika memesan tiket.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar