Alexander
Christian S./ 03141
KEPEMILIKAN RADIO
Dewasa ini, radio telah menjadi
salah satu media yang berhasil secara komersil menarik minat audience maupun
pengiklan. Ditambah dengan era dunia musik yang tengah booming, radio
menjadi salah satu wadah masyarakat untuk menikmati hiburan musik. Pesatnya
perkembangan radio membuat banyak stasiun – stasiun radio bergabung dengan
perusahaan penyiaran besar. Pada tahun 1999, perusahaan penyiaran Clear Channel
Communications, Cumulus Broadcasting dan Citadel Communication Corporation
memiliki lebih dari 1000 stasiun radio di Amerika. Tahun 2002, sebanyak 21
perusahaan penyiaran masing – masing memiliki lebih dari 40 stasiun.
Adanya penggabungan besar – besaran
ini disebabkan oleh adanya perubahan dalam Telecommunications Act tahun 1996
yang menghapuskan peraturan yang membatasi jumlah stasiun radio yang bisa
dimiliki oleh satu perusahaan penyiaran.
Di dalam stasiun radio itu sendiri, secara umum terdapat 4 bagian
departemen :
·
Sales
Departemen ini berfungsi mengurus marketing, pemasaran, dan hal –
hal yang berkaitan dengan sponsor atau pengiklan.
·
Programming
Departemen ini bertugas membuat program – program dalam radio,
termasuk mengatur jadwal siaran dan membuat iklan.
·
News
Departemen ini bertugas menyediakan berita dan informasi.
·
Engineering
Departemen ini bertugas mengorganisir alat yang dibutuhkan dalam
penyiaran.
Selain keempat departemen, stasiun
radio juga memiliki 2 posisi kepemimpinan :
v General Manager
Bertugas membuat kebijakan dan peraturan, memonitor siaran, dan
informasi penjualan
v Program Director
Bertanggungjawab atas suatu program, suara, dan menjadwalkan siaran
beserta penyiarnya.
Dalam radio juga terdapat format – format program, antara lain :
l Music Format
Saat para staff dari suatu stasiun radio membuat program, pada
umumnya pertama kali ia harus merancang format wheel atau roda siaran
yang kemudian dibagi ke segmen – segmen acara dan waktu yang telah dijadwalkan.
l Talk Format
Diproduksi oleh staff, topic yang biasa dibahas disesuaikan dengan apa
yang sedang terjadi atau baru – baru terjadi. Dan juga topik tersebut selalu
disesuaikan dengan minat audiencenya. Format ini juga membutuhkan perlengkapan
yang lebih banyak secara teknis.
l All-News Format
Hampir sama seperti Music Format, format ini juga memakai format
wheel. Hanya saja, format ini dipakai untuk berita, berita cuaca, berita
olahraga, dan iklan. Format ini biasa muncul saat awal siaran, atau saat siaran
berakhir.
PENDAPATAN RADIO
¨
National Ads
Biasanya iklan dalam suatu program, mencakup seluruh negri
¨
Regional Ads
Berupa iklan dalam suatu program, namun hanya mencakup satu daerah
propinsi atau regional.
¨
Local Ads
Berupa iklan lokal, berasal dari lembaga lokal atau organisasi
setempat
BIAYA UMUM
v Technical : upah teknisi, staff non-inti
v Programming : upah model, pembelian kaset (CD)
v Selling : penjualan, upah staff inti
v Administration : upah manajemen, biaya gedung
v News : pembayaran untuk sumber berita
UMPAN
BALIK/FEEDBACK
Di Amerika Serikat, rating dihitung
oleh lembaga profesional Arbitron dalam 262 daerah. Lembaga ini mensurvei 3000
sampai 4000 pendengar(45% – 50% mengembalikan kuisioner), yang kemudian
menghasilkan 2 bentuk :
Þ
Rating
Persentase perbandingan pendengar dengan populasi suatu market
Contoh :
20.000 (jumlah pendengar ALEX FM)/100.000 (jumlah populasi suatu
market) = 20% rating
Þ
Shares
Persentase perbandingan pendengar satu radio dengan jumlah populasi
orang – orang yang mendengarkan radio di saat yang sama.
Contoh :
20.000 (jumlah pendengar ALEX FM)/80.000 (jumlah populasi orang-
orang yang mendengarkan radio) = 25% share
--sekian--
Tidak ada komentar:
Posting Komentar