Rabu, 17 Oktober 2012

ownership of radio


Alexander Christian S./ 03141

KEPEMILIKAN RADIO

            Dewasa ini, radio telah menjadi salah satu media yang berhasil secara komersil menarik minat audience maupun pengiklan. Ditambah dengan era dunia musik yang tengah booming, radio menjadi salah satu wadah masyarakat untuk menikmati hiburan musik. Pesatnya perkembangan radio membuat banyak stasiun – stasiun radio bergabung dengan perusahaan penyiaran besar. Pada tahun 1999, perusahaan penyiaran Clear Channel Communications, Cumulus Broadcasting dan Citadel Communication Corporation memiliki lebih dari 1000 stasiun radio di Amerika. Tahun 2002, sebanyak 21 perusahaan penyiaran masing – masing memiliki lebih dari 40 stasiun.
            Adanya penggabungan besar – besaran ini disebabkan oleh adanya perubahan dalam Telecommunications Act tahun 1996 yang menghapuskan peraturan yang membatasi jumlah stasiun radio yang bisa dimiliki oleh satu perusahaan penyiaran.
Di dalam stasiun radio itu sendiri, secara umum terdapat 4 bagian departemen :
·         Sales
Departemen ini berfungsi mengurus marketing, pemasaran, dan hal – hal yang berkaitan dengan sponsor atau pengiklan.
·         Programming
Departemen ini bertugas membuat program – program dalam radio, termasuk mengatur jadwal siaran dan membuat iklan.
·         News
Departemen ini bertugas menyediakan berita dan informasi.
·         Engineering
Departemen ini bertugas mengorganisir alat yang dibutuhkan dalam penyiaran.
            Selain keempat departemen, stasiun radio juga memiliki 2 posisi kepemimpinan :
v  General Manager
Bertugas membuat kebijakan dan peraturan, memonitor siaran, dan informasi penjualan
v  Program Director
Bertanggungjawab atas suatu program, suara, dan menjadwalkan siaran beserta penyiarnya.
Dalam radio juga terdapat format – format program, antara lain :
l  Music Format
Saat para staff dari suatu stasiun radio membuat program, pada umumnya pertama kali ia harus merancang format wheel atau roda siaran yang kemudian dibagi ke segmen – segmen acara dan waktu yang telah dijadwalkan.


l  Talk Format
Diproduksi oleh staff, topic yang biasa dibahas disesuaikan dengan apa yang sedang terjadi atau baru – baru terjadi. Dan juga topik tersebut selalu disesuaikan dengan minat audiencenya. Format ini juga membutuhkan perlengkapan yang lebih banyak secara teknis.
l  All-News Format
Hampir sama seperti Music Format, format ini juga memakai format wheel. Hanya saja, format ini dipakai untuk berita, berita cuaca, berita olahraga, dan iklan. Format ini biasa muncul saat awal siaran, atau saat siaran berakhir.

PENDAPATAN RADIO
¨      National Ads
Biasanya iklan dalam suatu program, mencakup seluruh negri
¨      Regional Ads
Berupa iklan dalam suatu program, namun hanya mencakup satu daerah propinsi atau regional.
¨      Local Ads
Berupa iklan lokal, berasal dari lembaga lokal atau organisasi setempat
BIAYA UMUM
v  Technical : upah teknisi, staff non-inti
v  Programming : upah model, pembelian kaset (CD)
v  Selling : penjualan, upah staff inti
v  Administration : upah manajemen, biaya gedung
v  News : pembayaran untuk sumber berita
UMPAN BALIK/FEEDBACK
            Di Amerika Serikat, rating dihitung oleh lembaga profesional Arbitron dalam 262 daerah. Lembaga ini mensurvei 3000 sampai 4000 pendengar(45% – 50% mengembalikan kuisioner), yang kemudian menghasilkan 2 bentuk :
Þ    Rating
Persentase perbandingan pendengar dengan populasi suatu market
Contoh :
20.000 (jumlah pendengar ALEX FM)/100.000 (jumlah populasi suatu market) = 20% rating
Þ    Shares
Persentase perbandingan pendengar satu radio dengan jumlah populasi orang – orang yang mendengarkan radio di saat yang sama.
Contoh :
20.000 (jumlah pendengar ALEX FM)/80.000 (jumlah populasi orang- orang yang mendengarkan radio) = 25% share
--sekian--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar